Kamis, 11 Oktober 2012


The Company Men

( Perilaku Organisasi )


            Dalam film ini banyak pelajaran yang tersirat. Bermula dari pemecatan para karyawan di sebuah perusahaan yaitu GTX yang notabene para karyawannya sudah bekerja bertahun-tahun di perusahaan tersebut. Bobby walter orang pertama yang ikut dipecat dari perusahaan tersebut. Lalu Bobby masuk di kelas orientasi yaitu kelas dimana para karyawan yang mengalami pemecatanakan di berimotivasi agar tidak menyerah dalam mencari pekerjan baru. Mereka dimotivasi agar mau bangkit dari keterpurukanya itu motivasi tentang ‘Si Macan’ ‘Aku akan menang, mengapa karena aku punya keyakinan, keberanian, dan antusiasme. Itu yang harus mereka pegang teguh dalam masa-masa dimana mereka belum mendapatkan pekerjaan.
            Kemudian Bobby walter mencari pekerjaan kesana kemari tapi tetap tidak mendapatkan pekerjaan satupun dikarenakan gaji yang yang tidak terlalu tinggi serta jabatan yang tidak cocok denganya. Dia mau bekerja jika mendapatkan gaji tinggi dengan posisi yang tinggi pula. Bobby walter kehabisan cara untuk melamar pekerjaan dan akhirnya dia memutuskan untuk bekerja di tempat adakiparnya yang hanya di pekerjakan sebagai kuli bangunan. Walau pertamanya dia menolak dengan tegas bahwa ia tidak mau bekerja sebagai kuli, tapi keadaanlah yang memaksanya mau tidak mau dia harus menerimanya. Setelah sekian lama dia bekerja sebagai kuli bangunan, dia akhirnya bangkit dan mendirikan perusaan baru dengan memperkerjakan teman-teman sekantornya dulu yang termasuk korban PHK dari GTX. Mereka memulai mendirikan perusahaan tersebut dari nol tanpa kemewahan sama sekali, karena Bobby mendapatkan nasehat dari Gene yang juga menjadi korban pemecatan, dulunya dia juga memulai pekerjaannya tersebut dari nol dan pada akhirnya dia bias mendapatkan jabatan yang tinggi di perusahaan GTX, semua itu butuh proses tidak harus lagsung merasakan kemewahan begitu cepat.
Motivasi yang tersiratdari film iniyaitu :
-          Bobby mendapatkan motivasi dari keluarga kecilnya yaitu dari istri tercinta dan anak lelakinya yang saat itu menginginkan mainan tapi tidak kuat untuk membelinya dan akhirnya dikembalikan. Itulah motivasi dari orang-orang terdekat Bobby Walter.

2 komentar: